Menyampaikan ilmu walau hanya satu ayat

Kisah nabi Muhammad ﷺ membelah bulan


Salah satu mukjizat yang paling besar yang dimiliki oleh nabi Muhammad  adalah pembelahan bulan. Pada salah satu malam bulan purnama, nabi sedang melakukan tawaf, Al-Walid bin Yazid bersama pemuka Quraisy lainnya mengahmpiri dan berteriak dengan suara keras mengatakan "Hai Muhammad apakah kamu mau kami beriman?", nabi menjawab "tentu saja". Maka Al-Walid menunjuk bulan "Apakah kau melihat bulan itu wahai Muhammad?", nabi menjawab "iya Saya melihatnya", "Belah bulan itu buat kami" sambung Al-Walid menantang nabi. 

Tujuan Al-Walid dan teman-teman sebenarnya bukanlah untuk ingin melihat mukjizat atau kehebatan kenabian Muhammad, tetapi melainkan ingin mempermalukan nabi dan dengan begitu nabi tidak berdakwah lagi, karena mereka yakin membelah bulan adalah sesuatu yang mustahil.

Mendengar tantangan dari kaum Quraisy tersebut, nabi pun balik bertanya "Seandainya Saya meminta kepada Allah Ta'ala seperti yang kalian minta, dan Allah Ta’ala kasih maka apakah kalian akan beriman kepada Nya?", dengan suara yang lebih keras lagi kaum Quraisy pun menjawab "ya, jika engkau mampu melakukannya kami akan beriman kepada tuhanmu". Lalu nabi Muhammad  menunjuk bulan dengan jarinya dan menggarisnya sehingga membuat bulan tersebut terbelah dua. Bulan tersebut bukan hanya terbelah sedikit atau retak melainkan sebelah bulannya terlihat digunung ini dan sebelahnya lagi digunung ini yaitu tepatnya di kiri dan kanan ka'bah, karena seperti kita ketahui ka'bah itu berada di lereng 2 gunung.

Orang-orang Quraisy melihat dan kaget, dan hal ini membuat kaum yang beriman makin beriman, namun sayangnya kaum yang kufur malah berujar "sungguh sihirnya Muhammad tambah hebat". Merasa tidak puas, kaum Quraisy pun berniat menunggu teman-teman mereka yang dari luar Mekah untuk menanyakan apakah mereka melihat yang sama.

Beberapa hari kemudian, mereka yang ditunggu-tunggu akhirnya kembali ke Mekah, setiap orang yang datang mereka tanyakan "Apakah kamu melihat bulan terbelah beberapa hari yang lalu?" semuanya menjawab "ya kami melihat, pada malam ini dan malam itu". Mendengar hal tersebut mereka pun juga tidak mau beriman kepada Allah Ta'ala dan malah menjawab "sungguh sihirnya Muhammad menguasai dunia".

Peristiwa ini digambarkan pada surat Al-Qamar dan juga diriwayatkan pada hadist Bukhari No. 4864.
Tag : sejarah
0 Komentar untuk "Kisah nabi Muhammad ﷺ membelah bulan"

Back To Top