Menyampaikan ilmu walau hanya satu ayat

Ciri sholat yang diterima Allah Subhanawataala


Ibadah sholat adalah amalan yang pertama kali diminta pertanggungjawabannya pada akhirat kelak. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita memperhatikan tata cara pelaksanaan dan berhati-hati dalam menunaikan ibadah sholat. Berikut akan diuraikan ciri-ciri orang yang sholatnya diterima atau tidak diterima oleh Allah Subhanwataala, yaitu sebagai berikut :

1. Orang yang berdosa dengan sholatnya.
Seseorang bisa saja berdosa akibat sholat, salah satunya karena melakukan sholat bukan karena Allah Subhanawataala. Contoh, mereka sholat karena dilihat orang lain, mereka sholat karena disuruh, dan lain sebagainya.

2. Orang yang tidak mendapat pahala dari sholatnya
Sudah semestinya kita harus sholat ikhlas karena Allah Subhanawataala, sehingga tidak berdosa karena sholat kita. Namun, kita tidak boleh mengkhayal sepanjang sholat, karena hal ini akan menghilangkan pahala sholat hingga tidak mendapat apa-apa dari sholat yang kita lakukan. Anas Ra berkata bahwa Rasulullah  bersabda : 
"... Sebaliknya apabila seseorang tidak menjaga shalatnya dan tidak berwudhu dengan sempurna, dan berdiri, ruku dan sujudnya tidak tertib, maka shalatnya akan membuat wajahnya gelap dan buruk serta akan mengutuk orang itu dengan kata-kata, Semoga Allah membinasakanmu, sebagaimana kamu telah membinasakanku. Lalu shalatnya itu dilemparkan ke muka orang itu seperti kain yang buruk." (HR.Thabrani).
3. Orang yang dapat sedikit pahala dari sholatnya.
Kita tidak akan mendapatkan pahala dari sholat kita kecuali sama dengan kualitas kekhusukan kita dalam melaksanakannya. Seseorang mendapatkan hanya 1/3 pahala dari sholatnya atau bahkan 1/10 nya hingga lebih sedikit lagi karena dominan sholatnya masih mengkhayal dan sedikit saja khusuknya.

4. Orang yang hampir sempurna pahala sholatnya
Mereka yang berusaha keras untuk selalu menjaga kekhusukan sholatnya namun sesekali masih terhanyut dalam khayalan adalah orang-orang yang hampir sempurna pahala sholatnya. Menjaga sholat agar tetap dalam keadaan khusuk bukanlah hal yang mudah, namun tidaklah sesuatu yang mustahil dilakukan, sebagaimana yang kita dengar yaitu sholatnya para sahabat-sahabat nabi.

5. Orang yang sempurna pahala sholatnya.
Sesiapa yang mampu menjaga kekhusukan sholat dari takbir hingga salam adalah orang yang paling maksmil pahala sholatnya. Bahkan ketika sholat mereka lupa dengan siapa-siapa yang ada disekitarnya.
Tag : sholat
0 Komentar untuk "Ciri sholat yang diterima Allah Subhanawataala"

Back To Top